NewSticker

6/recent/ticker-posts

Ad Code

Kompetensi Wartawan, Najwa Shihab dan Rosiana Silalahi Tak Ada di Daftar Dewan Pers

Ribut-ribut soal Kompetensi Wartawan atau Kompetensi Jurnalis, ternyata tak sedikit Wartawan/Jurnalis yang belum dan bahkan tidak mengikuti Uji Kompetensi yang diselenggarakan baik oleh Dewan Pers maupun Lembaga Penguji yang ditunjuk dan diberi kewenangan untuk itu oleh Dewan Pers.

Uji Kompetensi Wartawan atau Jurnalis dimaksudkan agar para Insan Pers lebih profesional dalam menjalankan tugus dan fungsinya. Namun tak sedikit para Pelaku Pers yang tak sependapat dengan diadakannya apalagi Uji Kompetensi sebagai suatu keharusan apalagi kewajiban.

"Belum atau tidak ada Kompetensi Wartawan; saya tetap saja sebagai Wartawan. Dalam menjalankan tugas, saya belum pernah ditanya oleh Narasumber apalagi masyarakat apakah saya sudah memiliki Kompetensi Wartawan," ungkap seorang Wartawan yang bertugas di wilayah Tanah Bumbu.

Terkait Pelaku Pers; Wartawan/Jurnalis yang telah mengikuti Uji Kompetsi Wartawan atau UKW dan UKJ; bisa di lihat website resmi Dewan Pers.

Dan yang sangat mencengangkan adalah 2 Jurnalis Senior yang namanya sangat dikenal di Indonesia yakni Najwa Shihab dan Rosiana Silalahi, justru nama mereka berdua tak ada di pencarian daftar Sertifikasi Wartawan, dan juga Ira Koesno. Sementara itu nama Karni Ilyas (TV One) dan Elman Saragih (Media Indonesia, Metro TV); keduanya berada di daftar Sertifikasi Wartawan.

"Nah, 2 orang itu saja malah tak ada di daftar Dewan Pers. Siapa yang berani mempertanyakan profesionalime mereka berdua ?" ujar seorang Jurnalis di Kotabaru.

Dalam beberapa hari terakhir para Wartawan/Jurnalis di Kabupaten Sampang meradang oleh pernyataan Kapolres Sampang Polda Jawa Timur yang dianggap mengusik dan turut campur soal Kompetnsi Wartawan dan Verifikasi Perusahaan Pers. Para Pelaku Pers itu pun berunjukrasa di Polres Sampang memperotes pernyataan Polres Sampang itu. (Red)


Posting Komentar

0 Komentar