Waket DPRD Kotabaru Ini Imbau Petani Gula Aren Tanam Bibit Unggul - Inisajalah

Breaking

Definition List

Rabu, 22 Mei 2024

Waket DPRD Kotabaru Ini Imbau Petani Gula Aren Tanam Bibit Unggul

Kotabaru,
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Mukni AF mengimbau kepada para petani gula aren agar memproduksi Gula Merah harus menanam bibit unggul.

Ia mengatakan selama ini Petani Aren hanya mengandalkan bibit pohon aren lokal atau bahkan tumbuh liar di lahan mereka.

“Para petani harus melakukan revitalisasi jenis tanaman bibit unggul agar ke depannya dapat berkembang lebih baik,” ucap Mukni, belum lama ini.

Mukni menjelaskan, para petani sudah saatnya beralih dari bibit aren lokal beralih ke bibit pohon aren unggul jenis genjah. Menurutnya bibit jenis ini mampu mengoptimalkan hasil nira untuk para petani sehingga kebutuhan bahan baku dari gula merah dapat dimaksimalkan.

“Sekarang bahan gula merah sudah susah didapat, kalau pun ada pohonnya sudah mulai tua, saatnya petani beralih dengan sistem yang lain,” ujarnya.


Kader Golkar ini juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pengkajian terhadap tanaman ini. Ia mencontohkan di daerah Grogot misalnya; mereka memiliki kiat dan harapan untuk menanam bibit jenis genjah.

“Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mempelajari pasar, atau kebutuhan akan gula merah apakah ada pengembangan dari hasil nira selain gula merah,” terangnya.

Mukni mengaku sangat tertarik untuk melakukan perkebunan di wilayahnya untuk mengembangkan pertanian dan sebagai pemasok bahan maupun olahan dari nira jenis genjah.

“Dari hasil pantauan kami gula merah yang terbuat dari aren di pasaran kini agak susah didapatkan. Harapan saya agar lebih mendapatkan hasil yang lebih maksimal petani harus merubah pola tanam bibit aren unggul,” katanya pula. (AA) 👀

Tidak ada komentar:

Posting Komentar